Ajib, Dengan 5 Alat Ini Bikin Maling Motor Kalang Kabut

Intinews.net – Maraknya pencurian motor memang sangat meresahkan pemilik motor saat meninggalkan motor kesayangannya. Lantaran para maling motor memiliki berbagai cara untuk menggondol motor incarannya.

Maka itu, kita harus lebih pintar. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan, diantaranya dengan menggunakan beberapa alat sederhana yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Nah, alat-alat berikut ini mampu mempersulit aksi si maling. Apa saja? Melansir dari Liputan6.com Ulasannya sebagai berikut.

Baut

Cara pengaplikasiannya juga terbilang mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memasangkan baut pada lubang piringan rem cakram motor kamu. Selain letaknya yang cukup tersembunyi, umumnya para kawanan maling motor tidak membawa kunci pas, melainkan hanya kunci T untuk membobol rumah kunci saja.

Nah, jika mereka berhasil membobol rumah kunci dan mesin motor sudah dalam keadaan menyala, baut yang kamu pasang akan menghentikan laju sepeda motor kamu seketika.

Kunci Motor Variasi

Motor-motor keluaran terbaru memang sudah dilengkapi dengan key shutteryang diharapkan mampu mempersulit kerja maling motor yang berkeliaran di jalan. Meski begitu, hal tersebut tidak membuat tunggangan kesayangan kita aman dari maling. Sebab, maling selalu memiliki beragam cara untuk mengambil motor incarannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kunci T dan kunci-kunci sejenisnya.

Untuk sedikit mempersulit kerjanya, kamu bisa mengganti kunci motor bawaan dengan menggunakan kunci motor variasi yang banyak dijual di toko-toko variasi atau modifikasi. Kamu bisa mendapatkan kunci motor variasi dengan harga sekitar Rp50 ribu saja.

“Kunci motor variasi kayak kunci (dengan logo menyerupai) nazi bisa dipakai. Rumah kunci dengan desain yang beda bisa mempersulit maling. Biasanya, mereka hanya membawa kunci T,” ujar Ronald dari JMV Speed Shop.

Gembok Motor

Seperti yang sudah dijelaskan, maling selalu memiliki beragam cara untuk mendapatkan motor incarannya. Nah, jika kunci motor variasi dirasa kurang, kamu bisa menggunakan gembok motor tipe hardened dan bisa memasangnya pada rantai atau cakram motor.

Sebenarnya, cara ini merupakan cara yang cukup sering digunakan dan banyak orang sudah mengetahui hal ini. Namun setidaknya, dengan menggunakan gembok pada rantai atau cakram motor, hal tersebut bisa memperlambat kerja maling. Sebab, untuk membobol gembok motor, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 menit. Bikin motor kamu lebih aman, gembok motor bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp50-100 ribu.

Gunakan Alarm

Secara garis besar, penggunaan alarm pada motor memiliki fungsi yang sama seperti alarm mobil. Saat motor kita mengalami suatu tekanan atau bahkan dicuri, nantinya alarm ini akan menyala dengan sendirinya dan akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras untuk memberitahukan pada orang-orang di sekitar.

Nah, beberapa pabrikan motor di Indonesia sudah menyertakan penggunaan alarm untuk motor-motor keluaran terbarunya. Namun, buat kamu yang menggunakan motor produksi tahun lama, kamu juga bisa kok menggunakan alarm motor.

Kamu hanya perlu mendatangi toko-toko variasi atau modifikasi sepeda motor. Biasanya, harga jualnya berada pada kisaran Rp150 ribu.

Nantinya, alarm motor ini akan dihubungkan dengan kelistrikan motor kamu. Nah, buat yang tertarik ingin memasang alarm motor, usahakan taruh alarm ini di tempat-tempat yang sulit dijangkau, salah satunya adalah bagasi motor.

Kunci Rahasia

Jika kamu masih belum yakin dengan beberapa alat pengaman tadi, kamu bisa menggunakan kunci rahasia yang banyak dijual di toko-toko variasi sepeda motor. Seperti namanya, tak ada orang yang tahu di mana letak alat ini selain kita si empunya motor. Otomatis, tidak ada orang lain yang bisa menyalakannya kecuali dia sudah mengetahui di mana letak kunci rahasia ini ditaruh.

Menariknya, meski maling sudah berhasil membobol rumah kunci dan posisi kunci sudah ada dalam kondisi ON, maling tetap tidak akan bisa menyalakan motor kamu kecuali ia bisa mengaktifkan kunci rahasia ini. Tempatnya bermacam-macam, mulai dari lampu sein atau bahkan tempat tersembunyi lainnya. Soal harga, alat ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp180 ribu.

Itu dia lima alat sederhana yang bisa kamu gunakan untuk membuat motor kamu aman saat sedang diparkir. Kamu masih was-was saat harus meninggalkan motor kesayangan? Kamu bisa menggunakan lima alat tersebut sekaligus.

Sumber: review.bukalapak.com (Liputan.com)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: