Shock Breaker Depan Sepeda Motor Keras, Kira-kira Segini Biaya Servicenya

Intinews.net – Shock breaker sepeda motor depan yang keras diakibatkan oleh beragam faktor. Penyebabnya antara lain bisa dari usia, seal, dan as.

Umur shock breaker depan yang sudah lama bisa menyebabkan kinerja shock berkurang. Biasanya tergantung pemakaian, gejala awal shock keras ini terjadi karena per yang sudah sangat lama sehingga kinerja berkurang, oli shock yang kualitasnya kurang ditambah umur yang memang sudah lama.

Kemudian seal dan as yang rusak, apabila salah satu komponen ini rusak otomatis oli di dalam tabung shock juga bekurang. Kejadian ini gampang untuk diketahui karena jika komponen ini bocor, oli bakal luber kemana-mana.

Cara mengatasi hal itu dengan membongkar dan mengecek satu per satu part yang rusak. Kalo sudah ditemukan, takaran oli shock diganti dengan yang baru sesuai ukuran.

Takaran yang pas untuk motor matik dan bebek adalah 70 hingga 80 mililiter, sedangkan ukuran motor sport 150 cc 170 mililiter. Ukuran tersebut untuk satu tabung shock depan.

Untuk mengetahui oli shock yang kebanyakan bisa dilakukan dengan mengetes, dengan cara di rem depan kemudian di ayun-ayunkan. Kalo terlalu keras biasanya kebanyakan, kalo terlalu empuk tapi waktu dipakai berkendara justru keras itu tandanya oli terlalu sedikit.

Lantas, kalo per shock dirasa kinerjanya sudah menurun alangkah baiknya diganti dengan yang baru dan jangan membalik per, karena gak akan berpengaruh pada kinerjanya. Membalik per shock tidak akan berpengaruh dan tidak ada efek apa-apa. Kalo sudah keras lebih baik diganti.

Nah soal harga, kalo yang rusak terjadi pada seal, mengganti seal motor bebek atau matik kanan dan kiri Kira-kira Rp 75 ribu, ganti oli shock sekitar Rp 40 ribu utuk motor bebek atau matik, Rp 50 ribu untuk motor sport 150 cc, kalo ganti as kira-kira sekitar Rp 375 ribuan kanan dan kiri.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: