Pasang Alarm Motor Bikin Tekor Aki? Berikut Penjelasannya

Foto: Widshop Alarm

Intinews.net – Pemasangan alarm motor, terutama barang aftermarket, banyak yang bilang bisa membuat tenaga pada aki cepat habis atau soak. Betulkah demikian?

Menurut Haris, yang punya bengkel spesialis Alarm bernama Toko Alarm WidShop yang berada di Blok 13, Jl. H. Sa’un Blok Ar-Rahman No.12, Medan Satria, Kota Bks, Jawa Barat, hal tersebut sebetulnya hanya mitos. Pasalnya, daya yang dibutuhkan untuk menyalakan alarm sebenarnya kecil.

“Tentu tidak (buat aki boros). Karena dayanya kecil. Mungkin tidak lebih besar dari fitur jam digital,” ujar Haris kepada Intinews.net.

Itupun pada saat alarm berbunyi. “Kalau alarm terus aktif (berbunyi), sebetulnya juga makan strum aki, itupun juga tidak seberapa,” imbuhnya.

Baca jugaWaspada, Polusi Udara Bisa Mengurangi Kecerdasan Seseorang

Haris menambahkan, memang pada situasi tertentu, alarm bisa membuat aki cepat habis, yaitu apabila alarm konslet. Alarm konslet sendiri terjadi jika sensor ditempatkan di lokasi yang dapat dengan mudah terkena air atau benturan.

Aki boros bisa juga diakibatkan karena instalasi alarm yang tidak benar. Ujung-ujungnya, pemasangan yang tidak benar bisa membuat sistem kelistrikan rusak, dan pada akhirnya terjadi konslet. Karena itu, Haris merekomendasikan supaya pemilik motor tidak memasang alarmnya sendiri.

“Kalau mau pasang (alarm motor) sendiri, sebenarnya sedikit susah. Perlu keahlian, pengetahuan. Jika salah nanti malah jadi error,” pungkasnya.

Rekomendasi Pemasangan Alarm Motor bisa menghubungi bro Haris 0857-1568-0911, Blok 13, Jl. H. Sa’un Blok Ar-Rahman No.12, Medan Satria, Kota Bks, Jawa Barat.

COMMENTS