Tarif Baru Pembuatan dan Perpanjangan SIM, Simak Penjelasannya

Intinews.net – Bagi Anda pengguna mobil maupun sepeda motor di Indonesia, cari tahu yuk biaya administrasi penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru serta perpanjangan SIM lama.

Seperti di ketahui, SIM merupakan surat penting yang harus dimiliki oleh semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia.

Semua orang tentu nggak pengen kena tilang, bagi pengendara tentunya wajib membawa kartu tersebut kemanapun pergi.

Seperti yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 77 ayat (1), setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib memiliki SIM sesuai jenis kendaraan bermotor mereka.

Adapun pembagian golongan SIM seperti yang disebutkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 80 sebagai berikut.

SIM A: pengemudi mobil pribadi atau umum dengan beban kurang dari 3.500 kg.SIM B1: pengemudi mobil pribadi atau umum dengan beban lebih dari 3.500 kg.SIM B2: pengemudi kendaraan alat berat, kendaraan penarik atau kendaraan gandeng.SIM C: pengemudi sepeda motor.SIM D: pengemudi berkebutuhan khusus.

Sebuah foto tentang biaya penerbitan SIM baru dan perpanjangan SIM lama diunggah jejaring sosial Instagram @polantasindonesia pada Kamis (30/8/2018).

Dalam foto itu terpampang biaya penerbitan SIM baru dan perpanjangan SIM lama sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2017 tentang Tarif Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara bukan Pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Bagi Anda yang hendak perpanjang SIM kudu dilakukan sebelum masa berlakunya, dan SIM yang telah lewat masa berlakunya dianggap hangus serta dituntut untuk membuat SIM baru.

Penerbitan SIM baru untuk jenis SIM A, SIM A Umum, SIM B1 dan SIM B1 Umum dikenai biaya Rp 120.000. Sedangkan untuk SIM C Rp 100.000 dan SIM D Rp 50.000.

Biaya perpanjangan SIM A, SIM A Umum, SIM B1 dan SIM B1 Umum dikenai tarif Rp 80.000. Sementara untuk SIM C Rp 75.000 dan SIM D Rp 30.000.

Pengendara Indonesia, jangan sampai lewat calo ya?

Sumber: mobimoto.com

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: