Ini Ternyata Penyebab Motor Matic Mati Mendadak Dan Cara Memperbaikinya

Intinews.net – Jika motor mati mendadak semua orang tentu panik karena kita tidak tahu penyebabnya atau mungkin berpikir kalau motor yang anda naiki ini rusak ketika dijalan.

Pada suhu panas memang motor terkadang bisa mati tiba-tiba. Mungkin ketika anda melewati jalanan macet yang memang membuat mesin terlalu panas maka mesin motor anda bisa mati secara mendadak

Sebenarnya memang tiap motor memiliki masalah dan solusi masing-masing seperti motor matic yamaha maupun honda pastinya memiliki penyebab dan juga solusi masing-masing.

Hal itu dikarenakan karena komponennya berbeda sehingga tidak bisa disamakan semua penyebabnya

Dan dibawah ini ada beberapa penyebab motor matic mati mendadak, secara umum yang perlu anda ketahui. Sehingga anda bisa memperbaiki motor anda sendiri.

Andapun bisa melakukannya sendiri jika anda mau, namun ketika anda sedang dalam perjalanan jauh tentu tidak memungkinkan untuk melakukannya sendiri karena dari peralatan yang terbatas.

Di bawah ini ada beberapa penyebab kenapa Penyebab Motor Matic Mati Mendadak Dan Cara Memperbaikinya

Salah satunya Motor Kekurangan Oli

Kekurangan oli pun dapat membuat motor anda mati tiba-tiba, karena sering digunakan dalam perjalanan jauh atau sering kena macet, oli motor pun bisa berkurang.

Hal itu membuat oli motor menguap sehingga oli keluar melalui pori-pori, dan bila diabaikan sudah pasti oli motor akan berkurang bahkan bisa habis.

Penyebab lain oli motor berkurang karena ring piston yang sudah lemah sehingga membuat knalpot ngebul atau mengeluarkan asap putih pada knalpot.

Hal ini bisa terlihat dari busi pada motor karena kemungkinan oli akan membahasahi busi motor sehingga membuat busi mati karena tersiram oleh oli, karena hal itu maka oli akan terus berkurang dan membuat motor matic mati mendadak

Hal lain bisa juga Pengapian Motor Yang Lemah

Selain olinya berkurang bisa juga disebabkan karena pengapian yang memang sudah lemah, menurut berbagai sumber jika terdapat komponen yang kemungkinan tidak tahan panas komponen tersebut adalah spul.

Jika spul apinya lemah maka akan membuat mesin motor memiliki suhu atau panas yang berlebih dan motor akan mati secara mendadak, dan penyabab kemahnya spul ini karena termakan usia.

Bisa juga karena part tersebut cacat sehingga komponen itu akan beradu api antara satu dengan lainya, sedangkan untuk pengecekannya harus melihat kabel hitam list merah di spul bawah.

Dengan cara yang sangat mudah hanya perlu menempelkan kabel tersebut ke mesin sambil di stater atau dengan di engkol, dari situ bisa melihat apakah ada percikan api atau tidak ketika melakukannya.

Dan kemungkinan yang kedua adalah CDI part ini juga sangat rawan dan dapat membuat mesin mati, hal ini bisa dilakukan dengan mengecek CDI terlebih dahulu.

Koil juga bisa menjadi penyebab, namun memiliki kemungkinan yang kecil, jika semua sudah di cek namun tidak terdapat masalah lanjut pengecekan bagian busi.

Biasanya busi yang kurang tepat posisinya atau sudah matipun bisa membuat motor mati, maka perlu menggantinya dengan busi yang baru.

Saluran Bahan Bakar pun Dapat Menjadi Penyebab Motor Mati Sendiri

Ketika motor mogok setelah melakukan pengecekan pada pengapian dan juga oli motor, namun masih belum juga menemukan solusinya selanjutnya lakukan pengecekan pada saluran bahan bakar.

Karena di saat motor mogok atau mati karena suhu yang panas dapat membuat bahan bakar menjadi tersumbat, secara otomatis bbm tidak dapat masuk ke karburator atau ruang pembakaran.

Hal ini tentu akan membuat motor tidak bisa berjalan normal karena suplay bahan bakar ke mesin menjadi kurang, hal ini biasanya disebakan karena saluran bahan bakar tersumbat oleh kotoran.

Kotoran tersebut bisanya berasal dari tangki motor yang sudah lama atau kurang bersihnya bahan bakar yang masuk ke tangki.

Tips Memperbaiki Motor Matic Mati Dadakan

Setelah mengetahui penyebab motor matic mati mendadak yang di sebabkan karena tersumbatnya bbm ke ruang bakar, cdi, koil, busi dan juga kekurangan oli.

Sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara untuk memperbaikinya dengan mudah, sehingga bisa dilakukan penanganan sendiri dengan mudah, dari penggantian sparepart maupun perbaikan jika masih bisa diperbaiki

Yang pertama jika motor olinya berkurang maka segera untuk mengganti oli yang baru, bisa mengganti oli ke bengkel atau bisa juga diganti sendiri jika bisa.

Dan jika pengapiannya yang lemah, maka harus mengganti sparepart yang rusak tersebut secepatnya jika sudah tidak lagi berfungsi dengan baik dan benar

Yang terakhir ketika saluran bahan bakar yang tersumbat atau kotor perlu dilakukan pengecekan di selang ataupun karburatornya jika motor masih menggunakan karburator.

Memang hal ini agak sedikit ribet karena harus membongkar beberapa part. Jika bisa dapat di perbaiki sendiri, namun jika tidak bisa, silahkan membawa motor ke bengkel terdekat.

COMMENTS