Adu Kekayaan Pendiri Go-Jek Melawan Pendiri Grab, Siapa Yang Lebih Kaya?

Nadiem Makarim. Foto: Danu Damarjati

Jakarta – Persaingan Grab dan Go-Jek semakin ketat meraih supremasi sebagai layanan transportasi online terkemuka di Asia Tenggara.

Sudah pasti kedua pendirinya itu kaya raya. Berapasih kekayaan mereka?

Grab didirikan oleh pria asal Malaysia bernama Anthony Tan, sedangkan Go-Jek digagas oleh sosok Nadiem Makarim asal Indonesia.

Mereka berdua merupakan lulusan Harvard Business School dan dulu bersahabat, dan sekarang seiring kompetisi yang semakin sengit.

Di lansir dari Detik.com (26/7/2018) Nadiem Makarim berdasarkan penelusuran majalah Globe Asia memiliki harta kekayaan terkini sebesar USD 100 juta, atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Hal ini yang membuatnya sukses bertengger di urutan 150 dalam daftar tokoh-tokoh terkaya di Indonesia.

Bagaimana dengan Anthony Tan? Ternya Antony lebih kaya dibanding Nadiem. Menurut data terkini Forbes, kekayaan Tan berjumlah USD 300 juta atau di kisaran Rp 4,3 triliun. Berarti, harta Tan tiga kali lipat lebih banyak dibanding Nadiem.

Anthony Tan. Foto: detikcom/Adi Fida Rahman

Kenapa Tan lebih kaya dibanding Nadiem mungkin karena beberapa faktor. Seperti valuasi Grab yang kabarnya di kisaran USD 6 miliar, lebih tinggi dari Go-Jek yang berada di angka USD 1,5 miliar menurut penelusuran PitchBook.

Memang Grab sekarang ini lebih besar dan beroperasi di lebih banyak negara. Namun Go-Jek sedang berancang-ancang ekspansi di Asia Tenggara dan bukan tidak mungkin mengalahkan dominasi Grab.

Sumber: Fino Yurio Kristo – detikInet

COMMENTS