Kata Anies Kali Sentiong Bau Itu ‘Peninggalan’ Pemerintah Sebelumnya

Foto: ANTARA FOTO / Rivan Awal Lingga

Intinews.net  – Anies Rasyid Baswedan Gubernur DKI Jakarta mengatakan jika soal bau ndak sedap di Kali Sentiong atau Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat adalah peninggalan dari pemerintahan sebelumnya.

Melansir dari Viva.co.id (24/7/2018), Anies pun mengelak anggapan jika pemerintahannya sekarang ini dibilang ndak bisa membereskan persoalan itu menjelang perhelatan Asian Games 2018 mendatang.

“Ini bukan masalah yang berlangsung bulan. Ini adalah masalah yang sudah menahun dan di masa-masa lalu tidak. Jadi, kami akan mempertaruhkan nyawa,” kata Anies di Ragunan Jakarta Selatan, Selasa 24 Juli 2018.

Hal ini tidak bakal ada di jaman pemerintahannya, jika pemerintahan sebelumnya memberi perhatian khusus dan mengatasinya dari dulu.

Sekarang ini, persoalan Kali Item menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dibereskan.

“Kenyataannya ada kali yang hitam, kotor, bau. Itu adalah fakta yang kami terima, bukan kami yang membuat. Itu ada di situ. Jadi, dulu dulu sudah dibersihkan, ya kami enggak terima masalah ini. Tapi sekarang masih ada,” ujarnya.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta berusaha melakukan upaya untuk mengurangi bau dan menghilangkan kesan kumuh kali tersebut, dalam waktu singkat. Hal itu dilakukan agar tamu negara yang menginap di Wisma Atlet tidak terganggu.

Kain Waring

Menurut Anies, pemerintahannya mencari harta masalah Kali Item tahunan.

Namun harus diselesaikan dalam waktu singkat karena ada perhelatan Asian Games 2018. Salah satu cara yang tepat untuk mengurangi gangguan itu, yaitu dengan menutupnya menggunakan kain waring.

“Lalu kami buat langkahnya. Satu, dengan melakukan penutupan untuk mengurangi pemandangan, yang kedua adalah tepat, mengurangi evaporasi, penguapan,” ujarnya.

Pemprov DKI juga menggunakan alat penjernih untuk memudarkan udara berwarna hitam tersebut.

Sambil melakukan penjernihan, tetap dilakukan penguapan agar aroma tak sedap di sana segera hilang.

“Jadi Insya Allah nanti pada saat pelaksanaan Asian Games, Insya Allah nanti akan bisa minimal aroma dari tempat itu tidak kuat lagi,” ujarnya.

Sumber: Viva.co.id

COMMENTS