Penggemar Motor Jadul Masih Banyak, Harga Bisa Lebih dari Rp 11 Jutaan

Intinews.net – Motor-motor Jadul masih banyak peminatnya walaupun umur motor itu telah usang di makan usia.

Selain motor bebek yang tetap mendapat perhatian dari para penggemar motor jadul, dan juga mereka yang memiliki momen atau nostalgia dengan bebek jadul pada masa lalunya.

Bahkan buat yang suka koleksi motor antik ada yang rela merogoh kocek sampai puluhan juta rupiah demi mendapatkan bebek jadul.

Kalo kondisinya masih oke dan orisinil bebek tahun 80an bisa nyampe Rp 30 juta keatas. Semakin tua tahun pembuatannya, dan terawat harganya bisa di atas itu.

Walau harga jualnya melambung, tapi tetap saja motor bebek jadul ini ada aja peminatnya.

Pada pameran Otobursa di Gambir, JIExpo Kemayoran beberapa bebek Jadul di tawarkan beberapa pedagang pameran. Harga yang ditawarkanpun mulai belasan juta sampai puluhan juta.

Salah satunya Honda Astrea Grand tahun 1995 dibandrol salah satu pedangang seharga Rp 25 juta kondisi masih mulus.

Semua part-nya masih orisinil bawaan motor. Harga jual itu bukan harga mati, tetapi masih bisa ditawar.

“Semuanya orisinil, tidak ada yang diganti atau pakai aksesoris lain. Hanya saja, karena itu motor lama, kaki-kaki kita benahi karena ada sedikit karat, kita cat ulang seperti baru. Gak ada tambah-tabahan part, semua kita biarkan standar apa adanya. Kita buka harga Rp 25 juta, masih bisa nego,” ungkap Irsan Dado, penjual motor dan part jadul dari Depok.

Tak hanya Honda Astrea Grand, Irsan pun menunjukkan Yamaha RX King lansiran 1993 seharga Rp 30 juta kondisinya masih mulus, dan juga Honda CB200 yang sudah modifikasi dengan harga Rp 70 juta.

Irsan juga masih punya crank casedan rangka asli bawaan CB200, dan surat-surat masih lengkap. Kalo ada yang minat, part itu bisa langsung dibawa sekalian sama yang beli tanpa nambah uang lagi.

“RX King paling dicari itu tahun 93-95, atau King Cobra, karena bloknya berkode Y1, asal Jepang. Setelah itu buatan lokal, kodenya YP. Kita Menyebutnya Yamaha Pulo Gadung,” katanya

Pedagang lain dari Bintaro Jakarta Selatan, Amin, Mengungkapkan pecinta bebek Jadul tidak pernah surut.

Bebek lawas yang populasinya masih banyak, membuat harga pasarannya tidak naik. Makanya gak heran kalo hanya di banderol Rp 12 juta untuk Honda Super Cup 700 tahun 1981.

“Saya jual Rp 12 juta, karena motor ini tidak tergolong susah dicari, jadi harga jualnya tidak mahal sampai puluhan juta. Kondisi motor yang saya jual masih orisinil, siap pakai, tapi beberapa bagian dicat ulang, seperti cover, maklum saja ini motor lama, ada beberapa bagian yang harus diperbaiki. Tetapi semua masih orisinil,” ujar Amin

Honda Bebek lawas lainnya yang juga dilego sama pedagang lain adalah Super Cup 800 dan C70 berbanderol puluhan juta, sampai Astrea Prima tahun 90-an.

Selain Honda, bebek lainnya yang mesinnya 2-tak dihargai dengan harga yang murah. Salah satunya bebek 2-tak Yamaha V80 tahun 1982 dibandrol hanya Rp 5 juta.

Tentu harga-harga bebek retro ini masih bisa ditawar, pembeli pun harus pintar-pintar menawar.

COMMENTS