Solusi Pasang Lampu HID Tidak Harus Ganti Aki dan Kiprok

Sumber foto: teknogeo.blogspot.com

Intinews.net – Pada sepeda motor lampu utama memiliki peranan penting dalam kelistrikan motor, apalagi ada peraturan lalulintas di wajibkan menyalakan lampu utama pada siang hari.

Nah, dalam hal ini tentu akan memperpendek usia lampu dan juga membuat strum aki sedikit lebih boros. Terlebih jika menggunakan lampu High intensity Discharge (HID).

Pasang lampu High intensity Discharge (HID) tidak boleh sembarangan. Kudu diperhatikan konsumsi dayanya dan ndak boleh mengganggu sistem kelistrikan yang ada.

Namun demikian, bagaimana supaya tetap hemat budget, yang tidak harus ganti aki yang lebih besar atau ganti kiprok model lain. Karena Kiprok standar dirancang untuk spull asli.

Dengan cara pemasangan yang benar, lampu HID dijamin bekerja dengan baik dan umur pakai lebih lama.

Supaya mendapatkan arus listrik yang besar, sebenarnya tidak harus mengganti kiprok atau ganti aki yang Ampernya lebih besar. Karena hasilnya bisa sia-sia.

Berikut ini langkah yang harus dilakukan jika pasang lampu HID tidak harus ganti aki dan kiprok.

Pertama cari posisi kiprok sepeda motor dan lepas kabel berwarna kuning.

Tujuannya adalah untuk mengalihkan suplay aliran listrik dari spul yang tadinya untuk lampu dan pengisian aki, kini hanya digunakan sepenuhnya untuk mengisi aki.

Selanjutnya, arus listrik yang semula berasal dari spull dan kiprok pindahkan ke aki melalui kunci kontak.

Otomatis, sumber daya yang semula AC sekarang menjadi DC untuk memperpanjang usia lampu.

Daya listrik yang dibutuhkan lampu HID umumnya 35 watt dan menguras banyak arus listrik.

Solusinya adalah ganti lampu belakang dengan LED yang hanya berdaya 1 watt, ksrena lampu standarnya 5 watt tambah 20 watt untuk lampu rem. Selisihnya adalah 24 watt bisa untuk menambah daya ke lampu utama.

Jika keseluruhan lampu ditotal, daya yang dibutuhkan adalah 1 watt untuk lampu LED belakang ditambah HID 35 Watt total 36 watt. Sedangkan daya suplai kiprok diasumsikan 48 watt. Jadi masih hemat listrik.

Biar lebih hemat arus, lampu sein kanan, kiri, depan, belakang juga kudu di ganti dengan lampu LED.

Tanpa harus ganti aki dengan Amper yang lebih besar, atau tidak merubah kiprok, pemasangan lampu HID pun sudah bisa dilakukan. Hasilnya cukup terang, umur lampupun bisa lebih lama.

COMMENTS