Perlukah Merubah Kelistrikan Halfwave ke fullwave Harus Gulung Ulang Spull?

Spull NVL

Intinews.net – Untuk memaksimalkan pengisian aki di motor, banyak beragam cara dilakukan oleh para pemiliknya. Pasalnya jika banyak tambahan aksesoris lampu dan lainnya, supaya aki tidak tekor.

Yang sering di lakukan salah satunya pada motor Yamaha new Vixion lightning (NVL). Dengan merubah jalur kabel dari spul dan mengganti kiprok ORI nya dengan kiprok Tiger Revo motor pun sudah menjadi fullwave.

Bahkan yang terbaru adalah pabrikan Yamaha, dengan munculnya NMAX dan AEROX sudah menerapkan sistem kelistrikan Fullwave. Sedikit beda dengan sistem kelistrikan Fullwave yang menggunakan modifikasi kiprok Tiger.

Kiprok NMAX tak memiliki pin soket untuk monitor sehingga cuma empat pin soket yang digunakan. Sedangkan kiprok Tiger semua soket pin digunakan dan sudah teruji menahan beban arus besar pada kelistrikan fullwave.

Saking maraknya sistem kelistrikan Fullwave ini, tidak sedikit juga yang gulung ulang spull agar kelistrikan motornya jadi fullwave.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah apakah fullwave harus gulung ulang ulang spull ?

Spull NVL yang di gulung ulang gosong

Jawabnya tidak harus gulung ulang spull. Untuk merubah sistem kelistrikan fullwave pada sepeda motor tidak harus gulung ulang spull, karena terdeteksi oleh ECU. Jadi lebih baik menggunakan spull original jika ingin mengubah kelistrikan fullwave.

Menggunakan spull aslinya untuk sistem kelistrikan fullwave akan lebih meyakinkan, dari kualitas sudah tentu terpecaya, dari segi gulungan spull original pasti lebih terukur dan rapi, spull original sudah diukur dengan presisi seberapa kuat beban arus dan voltase yang dihasilkan oleh spull tersebut.

Selain spull, magnetpun mempunyai peranan seberapa besar arus dan voltase yang dihasilkan oleh spull. Hubungan besar spull dan besar magnet adalah berbanding lurus.

Salah satu contoh Vario yang sudah menerapkan ACG Starter. Spull dan magnetnya cukup besar, jadi sia-sia jika spull digulung ulang sampe full kalo magnetnya tidak dirubah juga.

Jadi berhati-hatilah jika ingin melakukan modifikasi merubah kelistrikan sepeda motor. Merubah sistem kelistrikan fullwave, tentu ada beberapa part yang harus di rubah juga salah satunya kiprok.

Untuk merubah halfwave ke fullwave biasanya menggunakan kiprok ORI Tiger Revo. Karena di yakini kiprok Tiger Revo memiliki kualitas yang bagus.

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, atau tambahan tulis di kolom komentar…

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: