Jika Mengalami 5 Gejala Ini, Aki Motor Sudah Mulai Soak

Jika Mengalami 5 Gejala Ini, Aki Motor Sudah Mulai Soak

Kabarngetren.com – Salah satu komponen paling utama pada motor injeksi adalah aki. Mengikuti perkembanagan teknologi hampir semua motor terbaru mengadopsi aki jenis MF (maintenance free).

Yang tidak perlu lagi melakukan perwatan seperti menambah air aki. Dan sepertinya tidak sedikit dari pengguna roda dua yang tidak tahu masalah tanda-tanda aki mulai soak.

Baca juga: Ini Alasannya, Kenapa Tidak Boleh Langsung Menyalakan Sepeda Motor

Baca juga: Ternyata Ini Perbedaanya! Antara Single dan Twin Suspension Pada Motor

Usia pakai aki ada batas waktu tertentu di mana kualitasnya akan menurun. Artinya tidak mungkin bisa di gunakan selamanya. Dengan pemakaian yang baik dan pengalaman dari penulis, aki jenis MF umumnya bisa bertahan sanpai dua tahun lebih. Akan tetapi jika tidak, paling hanya bertahan sampai satu tahun.

Aki merupakan salah satu nyawanya motor injeksi, karena semua aktifitas mesin tergantung pada daya kelistrikan di antaranya full pump dan ECU (Elektronik Control Unit). Oleh karena itu kudu di perhatikan tanda-tandanya ketika aki sudah mulai soak.

Berikut beberapa tanda-tanda aki motor mulai soak

1. Di tandai dengan lampu sensor yang berkedip-kedip atau menyala terus ketia kunci kontak pada posisi ON. Dengan adanya lampu indikator ini untuk mendeteksi kondisi aki.

2. Agak susah di starter elektrik, Jadi harus menggunakan starter manual (di engkol) untuk menyalakan mesin.

3. Gejala-gejala lainya yang menandakan aki soak adalah mesin motor tidak langsam dalam posisi idle. kemudian saat motor di buat jalan mesin terasa brebet. Walau motor di engkol bisa nyala, mesin juga tidak langsam dan tersendat-sendat.

4. Biasanya lampu spidometer redup pada saat motor di starter elektrik

5. Apabila aki sudah benar-benar soak, motorpun mati total tiak bisa di nyalakan sama sekali.

Bagi Anda yang memiliki sepeda motor injeksi di sarankan menggunakan volt meter. Fungsi volt meter ini adalah untuk mengetahui kondisi tegangan aki.

Biasanya tegangan aki yang sudah di bawah 10 volt sudah tanda-tandanya aki mulai soak, karena aki sudah tidak bisa menyimpan strum dengan maksimal.

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: