Tips Supaya Tidak Dehidrasi Waktu Berpuasa

Kabar ngetrends – Sahur serta berbuka puasa merupakan satu diantara nikmat tiada tara di saat menjalani bulan Ramadhan. Semua jenis minuman dan makanan kita hidangkan untuk menyempurnakan kesenangan itu. Sayangnya, kesempurnaan itu tidak seutuhnya benar bila makanan atau minuman yang di konsumsi tidak sehat.

Bukanlah rahasia umum sekali lagi bila makanan seperti gorengan, daging serta minuman manis masih tetap menjadi andalan untuk sahur atau membatalkan puasa. Walau sebenarnya, minyak serta lemak jemu yang berada di dalamnya bila di konsumsi terus-terusan bisa menyebabkan kolestrol serta memperhambat penyebaran energi.

Sementara minuman manis, terlebih yang dijual di tepi jalan belum pasti memakai pemanis alami. Ini juga akan menyebabkan pada naiknya gula darah serta obesitas.

Lantas, jenis minuman dan makanan apa yang baik di konsumsi saat sahur ataupun berbuka puasa?

Waktu berpuasa, seorang juga akan gampang kehilangan cairan tubuh karna beragam kesibukan padat. Waktu cairan tubuh kurang, jadi seorang juga akan terserang dehidrasi. Dehidrasi cukup beresiko karna bisa menyebabkan pusing, lemas bahkan juga pingsan. Hal itu bisa membatalkan puasa.

Saat sahur, seorang semakin lebih memerhatikan makanan berat serta air putih saja. Walau sebenarnya, meminum air putih dua sampai tiga gelas belum tentu cukup untuk melindungi cairan tubuh. Oleh karena itu, waktu sahur atau berbuka puasa, sebaiknya pilih minuman dan makanan yang memiliki kandungan air seperti buah dah sayur.

Semangka, melon, ketimun serta tomat begitu baik di konsumsi karna mempunyai kandungan air yang tinggi. Diluar itu, mineral yang berada di dalamnya perlu untuk melindungi keseimbangan elektrolit tubuh.

Sayur-sayuran yang bagus di konsumsi yaitu wortel, brokoli, kangkung, bayam serta sayuran berdaun hijau yang lain. Terkecuali memiliki kandungan air serta mineral, makanan itu mempunyai asam folat yang bermanfaat untuk perubahan beberapa sel darah serta system syaraf.

Jadi, jangan lupa untuk selalu sediakan sayur serta buah dirumah anda baik waktu Ramadhan maupun hari-hari biasa. Karna kesehatan mahal harga nya.

Sumber: Panduan Sehat Selama Ramadhan – Karya:Dr. H Briliantono Soenarwo, SpOT, FICS, MD.PhD, MBA

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: