Hati-Hati! Tiap tiap Orang Berisiko Terinfeksi HPV

Kabar Ngetrends – Vaksin HPV diindikasikan bagi wanita umur 9-45 tahun. Laki-laki juga bisa mendapatkan vaksin ini. Vaksin diberikan dalam tiga dosis, dengan jadwal 0-2-6 bulan.

Ilustrasi (Shutterstock) lifestyle.okezone.com

“Untuk umur dibawah 14 tahun, cukup dua dosis dengan interval antardosis enam hingga 12 bulan, ” papar dr Andi Darma Putra SpOG (K) dari RSCM.

Karena itu, begitu menguntungkan apabila vaksinasi dijalankan pada usia anak. Tidak hanya biayanya lebih murah, antibodi yang terbentuk lebih baik, serta dapat membuat perlindungan sang anak saat sebelum ia aktif berhubungan seksual. Kenneth alexander MD PhD dari Nemours Childrenís Hospital, Florida, Amerika Serikat (AS) menyoroti besarnya peranan vaksinasi dalam mencegah beragam penyakit yang diakibatkan infeksi HPV.

Dia mengapresiasi program vaksinasi HPV di sekolah yang telah mulai digerakkan di Indonesia, yang diawali dengan project percontohan di Jakarta tahun kemarin. Prof Kenneth mengungkapkan sebagian alasan perlunya vaksin HPV diberikan pada anak remaja. “Kita tidak membahas masalah hubungan seksual. Yang terpenting, vaksin merupakan tindakan preventif, ” tuturnya.

Vaksin HPV sama juga dengan vaksin lain yang perlu diberikan pada remaja. Menunda vaksinasi dapat menghilangkan kesempatan melindungi anak kita dari penyakit membahayakan yang sebetulnya dapat dicegah.

Serta pastinya, dua dosis lebih gampang ketimbang tiga dosis. Ia memberikan, vaksin HPV bukanlah untuk “perempuan nakal ; ” atau orang yang tidak bermoral. Vaksin ini merupakan untuk kebanyakan orang ; baik remaja, dewasa, wanita ataupun lelaki.

Stigma kalau penyakit berkaitan HPV yaitu penyakit menular seksual, perlu di hilangkan. Semua orang dapat mengalaminya, walau pada pasangan monogami yang sama-sama setia. Bahkan juga sempat diketemukan infeksi HPV pada wanita yang belum pernah berhubungan seksual. Virus HPV sama biasanya dengan bakteri Streptococcus atau Staphylococcus yang mengakibatkan infeksi saluran napas.

Dengan kata lain, HPV sangat mungkin menginfeksi semua orang. Dalam masa hidupnya, 8 dari 10 orang lelaki serta wanita juga akan terinfeksi HPV. Tidak pernah ada kata terlambat untuk vaksinasi HPV. Wanita yang sudah aktif secara seksual serta merasakan hasil papsmear yang abnormal, tetap dapat memperoleh vaksin.

Sumber: lifestyle.okezone.com

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: