Untuk Warga Jakarta! Anies Akan Menata Sudirman-Thamrin Ramah Bagi Penyandang Disabilitas


Kabar Ngetrends – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji juga akan membuat keringanan sarana untuk beberapa penyandang disabilitas di lokasi Jalan Sudirman-MH Thamrin. Hal tersebut dikatakannya waktu menghadiri HUT ke-6 Jakarta Barrier Free Tourism (JBFT) di Perpustakaan Nasional, Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (10/3).

” Di jalan Sudirman Thamrin sedang ada penataan, Saya janji penataannya kelak juga akan ramah pada penyandang disabilitas, saya janji, ” tutur Anies di lokasi, seperti yang di lansir dari www.merdeka.com (10/3/2018).

Tribunnews.com

Anies menilainya sampai kini pemerintah belum juga memberi sarana yang mempermudah untuk beberapa penyandang disabilitas agar bisa leluasa menelusuri kota Jakarta.

” Kendaraan umum kita, trotoar kita, kemudian jalan jalan kita belum juga mengasumsikan kalau pemakainya termasuk penyandang disabilitas untuk yang harus menggunakan kursi roda. Trotoar kita susah sekali dilalui oleh kursi roda, ” ucap Anies.

Lantas ujung trotoar semestinya di buat dengan bagian miring (ram) yang banyak berupa blok. Begitu, penyandang disabilitas masih tetap susah melewatinya.

” Desain desainnya, ada batu batunya itu kelihatannya indah, tapi saat mereka mesti melalui itu berat sekali. Bahkan juga trotoarnya banyak yang tanpa ada ram. lalu ketinggian trotoarnya, permukaan jalan selisihnya jauh kelihatannya kecil kecil tapi itulah sebagai keperluan untuk penyandang disabilitas, ” imbuhnya.

Sebelumnya tiba di acara, Anies serta beberapa rombongan JBFT dan penyandang disabilitas menjajal keramahan trotoar Jakarta dari titik halte Bus Transjakarta Sarinah menuju Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Rute selama lebih kurang 1, 9 km. itu ditempuh kurun waktu kira-kira satu jam. Hal tersebut karena banyak kendala yang dilewati oleh rombongan.

” Jalan seperti barusan tidak capek menurut saya. Tapi dengan batin, saya memikirkan begitu berat beratnya saudara saudara kita ini, ” tutur Anies.

Lanjut Anies, pemerintah mesti mengaku kalau rancangan kota Jakarta tidak ramah untuk beberapa disabilitas. Anies juga juga akan segera mengubahnya agar semuanya warga merasakan keadilan sesuai sama mandatnya jadi Gubernur DKI Jakarta.

” Tidak adil, tidak fair, walau sebenarnya janji kita yaitu keadilan sosial untuk semua rakyat Jakarta, termasuk juga disabilitas, ” kata Anies.

Di tempat yang sama, Kepala Departemen Bus Wisata serta Pelayanan Khusus Muhammad Hartono juga memberi input pada Pemprov ataupun pemerintah pusat kalau banyak sarana yang belum juga mencukupi untuk beberapa penyandang disabilitas.

” Masukan dari kami untuk pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat, Satu diantaranya kita telah lihat dari kereta api, JPO (jembatan penyeberangan orang), peronnya sangat tinggi, trotoar dan taman, tutur Hartono.

Sebab itu, Anies juga berterimakasih pada JBFT serta semua pihak yang perduli. Sebab di hari libur ini digunakan manfaat menghidupkan kembali kesadaran warga Jakarta.

” Terima kasih hari sabtunya digunakan untuk menyadarkan warga Jakarta serta pemerintah, dan selamat ulang tahun untuk JBFT, ” tutup Anies.

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: