Hanafie Rais Putra Amien Rais Tunjukkan Becak Listrik, Dukung Kebijakan Anies-Sandi

Kabar Ngetrends – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafie Rais mengenalkan prototype becak listrik pada warga Jakarta. Becak listrik itu mulai dikenalkan di aktivitas hari bebas kendaraan atau car free day, di Bunderan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Melansir dari Liputan6. com (11/03/2018) Hanafi mengayuh becak yang dicat dengan nuansa putih biru itu dari Bundaran Patung Kuda sampai Balai Kota, Jakarta. Sebagian tim Hanafi mempersilahkan beberapa pengunjung car free day untuk menaiki becak itu.

sumber gambar : http://news.liputan6.com

” Ayo mbak, mas boleh naik, apalagi buat bebrapa foto, ” ujar salah seseorang tim dari Hanafi pada Minggu (11/3/2018).

Sedang Hanafi menuturkan becak listrik itu bisa dipakai dengan dikayuh maupun memakai dinamo yang dipasang di dekat pedal sepeda.

” Iya ini bisa (dikayuh) bisa gunakan dinamo ya, ” tambah Hanafi.

Hanafi menyebutkan dinamo pada becak itu bisa menempuh jarak 40 km. dalam sekali isi daya. Untuk kecepatan, becak itu bisa dipakai dengan kecepatan maksimum 25 km. /jam.

” Untuk waktu pengisian daya itu 3 jam full, ” terang Hanafi.

Kelebihan Becak Listrik
Prototipe Becak Listrik yang diinisiasi oleh Hanafi Rais sesungguhnya hampir sama seperti becak konvensional biasanya. Hanya saja, becak listrik ini hanya sedikit dimodifikasi untuk meletakkan dinamo dibagian bawah jok.

Sebetulnya apa keunggulan dari becak listrik ini?

Hanafi menerangkan sebagian keunggulan becak listrik itu. Pertama yakni becak itu ramah lingkungan serta tidak memerlukan bahan bakar minyak.

” Tingkat kebisingan rendah serta bisa memberdayakan orang-orang kecil, ” ucap Hanafi.

Tidak hanya itu, Putra dari Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais ini mengatakan becak itu dapat mengangkut beban sampai 250 kg.

Bahkan juga, becak yang dicat dengan nuansa putih biru itu juga di desain memakai rem cakram hidrolik.

” Baterainya hanya butuh di isi daya listrik sepanjang 3 jam full. Sebab dinamo itu memerlukan daya listrik sebesar 100 watt, ” kata Hanafi.

Hanafi menginginkan sumbangannya ini bisa jadi ide Pemerintah Propinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam meningkatkan prototipe yang sama untuk becak-becak yang telah ada terlebih dulu.

Menurutnya, becak ini tambah baik ditujukan di lokasi perumahan serta beberapa tempat wisata.

” Bila gagasan saya dilakukan tindakan oleh Pemprov, becak ini dapat jadikan contoh untuk memodifikasi becak yang telah ada, bukanlah buat becak baru, ” tuturnya.

baca sumber : http://news.liputan6.com/read/3362235/putra-amien-rais-pamer-becak-listrik-dukung-kebijakan-anies-sandi

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: