Bila Ingin Motor Awet, Cucilah Motor Setelah Kehujanan

Tidak cuman membuat penampilan motor kelihatan dekil and the kumel, hujan ternyata mengakibatkn potensi yang bikin motor rusak pelan-pelan. Rusaknya tersebut dapat dicegah dengan mencuci motor setelah kehujanan. Bila hal tersebut tidak dilakukan, dampak yang terlihat juga akan merepotkan pengendara serta mengurangi kenyamanan di jalan.

sumber gambar : Modifikasi.co.id

Pada kampas rem juga akan keluar endapan kotoran hingga keluar decitan saat roda berputar-putar. Diluar itu, rem bisa juga cepat aus karna kotoran bisa menggores piringan cakram.

Hawa panas mesin akan terganggu dengan melekatnya kotoran di sela-sela.Perform juga akan  mengalami penurunan bila endapan yang melekat di radiator tidak segera dibersihkan serta dapat menyebabkan overheat.

Suspensi juga tidak luput dari kerusakan. Pelumas di bagian tersebut juga akan larut hingga menyebabkan nada decitan. Karet seal akan cepat mati serta punya potensi menimbulkan kebocoran.

Untuk sepeda motor yang memakai rantai, hujan juga akan melarutkan pelumas hingga dapat menyebabkan suara yang mengganggu. Gigi-gigi pada gear juga akan gampang tergerus bila gesekan dengan rantai tidak diikuti pelumas.

Beragam komponen dari logam bisa berkarat karna kandungan asam dari air hujan. Potensi kerusakan itu juga akan makin besar bila terkena cahaya matahari serta air hujan secara berubahan serta dalam waktu yang lama.

sumber gambar : www.viva.co.id

Pemilik kendaraan roda dua tentu pernah rasakan, motornya merasa lebih enteng sesudah dicuci bersih. Ada yang mengatakan itu cuma perasaan saja. Tetapi ada juga yang yakini hal itu memanglah ada pengaruhnya

Sebenarnya, adakah keterangan tehnis berkaitan hal semacam ini? Handy Hariko Senior Manager Training Department Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menyebutkan, kalau ada dampak pada cuci bersih serta perfoma motor.

Menurutnya, hal ini disebabkan karena kotoran yang menempel pada motor luntur semua. “Karena lumpur yang menempel pada lepas semua, pasti enteng,” tutur Handy seperti yang di lansir dari Liputan6. com, Rabu (26/10/2016). 

Umpamanya masalah mesin. Handy menerangkan, mesin yg tidak tertutup dengan lapisan kotoran dapat membuat pembuangan panas tidak terhalang. Hingga kerja mesin dapat juga tambah baik. Juga dengan sisi roda.

” Umumnya roda juga lancar rotasinya, karna umumnya di master rem pada motor kotor agak tersendat, karna ada kotoran melekat disana, ” Imbuh  Handy.

Karna sebagian alasan itu, seharusnyaikut pemilik motor membersihkan kendaraannya dengan cara reguler. Karna selanjutnya, motor yang bersih ikut menjadi factor lebih awetnya kendaraan. Hal yang sama berlaku pada mobil.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: