Penyebab Rem Cakram Depan Tidak Pakem

Rem merupakan salah satu pendukung keselamatan dalam berkendara. Apa jadinya jika rem blong atau tidak pakem akibat kampasnya aus dan tidak pakem karena kena genangan air. Pada umumnya penggantian rem sepeda motor di lakukan setiap 3 – 4 bulan, atau tergantung pemakaian. Penyebab rem yang tidak pakem dan berasa ngelos tentunya harus secepatnya di atasi karena hal ini sangat beresiko jika di biarkan.


Namun demikian penyebab rem kurang pakem di sebabkan oleh beberapa hal, yaitu piringan cakram yang mulai terkikis dan kerusakan pada seal master rem. Akibat terkena panas dan air hujan juga bisa menyebabkan seal master rem kotor dan karatan bahkan bisa sampai keropos dan harus segera di lakukan penggantian.

Bukan hanya seal master rem yang di bagian atas saja, seal master rem yang di bagian bawah atau orang menyebutnya kepala babi ini juga mudah rusak akibat kemasukan kotoran. Biasanya kepala babi ini setelah 5 tahun sudah mulai bermasalah, dan cara terbaik untuk mengatasinya ialah di lakukan penggantian baru. Akan tetapi jika masih di bawah 5 tahun masih bisa di perbaiki di bengkel-bengkel biasa atau di bengkel resmi.

Faktor lain adalah piringan cakram yang sudah mulai menipis akibat terlambat dalam melakukan pergantian kampas rem. Hal ini bisa menyebabkan roda selip bahkan bisa terkunci. Akibat kerusakan pada seal master ini selain sistem pengeremanya menjadi tidak pakem, juga bisa mengakibatkan rem blong alias ngelos pada saat di gunakan.

Minyak rem berkurang atau habis juga salah satu penyebab. Hal ini biasanya di sebabkan karena kebocoran atau kondisi kampas rem yang sudah mulai menipis. Solusinya adalah dengan menambahkan minyak rem sesuai dengan standart dan anjuran, atau umunya menggunakan minyak rem jenis DOT 3.

Apabila pada kampas maupun pringaan atau tromol terkena oli ini sangat beresiko bagi pengendaranya. Karena rem jika terkena oli pengereman tidak ada alias ngelos karena licin dan bisa mengakibatkan kecelakaan bagi pengendaranya untuk itu perlu di lakukan pengecekan pada bagian kampas rem pada motor. Untuk mengatasi masalah tersebut harus di bersihkan dengan menggunakan sabun agar oli pada rem hilang.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai penyebab rem tidak pakem atau ngelos dan pengeremanya kurang pakem pada sepeda motor. Semoga dengan sedikit ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih banyak atas kunjungannya

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: